Pengurus OSIS SMANSATARA Gelar LDKS 2023/2024 di Alam Terbuka

Pengurus OSIS SMANSATARA Gelar LDKS 2023/2024 di Alam Terbuka 


MANINJAU, pusinfokwarcabagam - Sebanyak 48 orang pengurus OSIS dan MPK SMA Negeri 1 Tanjung Raya mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) selama tiga hari, dibuka kepala sekolah, Jum'at (02/02/2024) di Maninjau.

Kepala SMAN 1 Tanjung Raya diwakili Lidya Ningsih, S.Pd selaku Wakil kesiswaan menyebutkan bahwa Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) merupakan suatu pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan atau skill siswa dalam memimpin. Salah satu tujuan latihan kepemimpinan siswa yaitu untuk membangun karakter pribadi (personality) supaya semakin kuat.
Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) adalah sebuah pelatihan dasar yang menjadi salah satu program kerja Kesiswaan yang digelar setiap tahun, yang memiliki tujuan untuk mempersiapkan SDM organisasi yang di sekolah agar memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu bekerja secara efektif, kata Lidya Ningsih 

Adapun sebagai peserta LDKS semua pengurus OSIS yang baru sebanyak 30 orang dan MPK 18 orang. Kegiatan LDKS dilaksanakan di ruangan aula sekolah satu hari dan selanjutnya disambung di outdoor Bagoes cafe Monggong Maninjau.
Selama LDKS kepada peserta disajikan materi-materi dasar kepemimpinan diisi oleh materi-materi yang disampaikan langsung oleh narasumber yang ahli pada materi yaitu berupa, Sumbang 12 (Yasril Efendi, S.Pd  Dt. Nan Sati), Administrasi dalam Organisasi (Ruri Wahyu, A.Md). Kepemimpinan, oleh Yunaidi, S S.Pd  M.Pd, PBB oleh Qori, Tata Tertib dan  Kedisiplinan disampaikan Lidya Ningsih, S.Pd, selaku koordinator kegiatan. Kesehatan Remaja Tim Puskesmas Maninjau, Narkoba, oleh Zulfi Akbari. S.Pd dan Outbond koordinator Edrifa.

Kepala SMAN 1 Tanjung Raya  Zulkifli saat berada di lokasi LDKS di Bagoes Cafe mengharapkan kepada seluruh peserta LDKS ini bisa mengikuti rangkaian kegiatan dengan sebaik-baiknya, yang didasari oleh kebutuhan sebagai calon pemimpin yang pada akhirnya akan didapatkan pemimpin yang Beriman, Berbudi Pekerti luhur, Bertanggung Jawab dan Mandiri, demikian ditambahkan Zulkifli. 
Dipilihnya lokasi latihan kepemimpinan di alam terbuka merupakan permintaan siswa dan telah diagendakan sebelumnya oleh OSIS dan bidang kesiswaan.

Peserta LDKS diinapkan di bungalo diisi dengan materi Kepemimpinan, PBB dan Outbond, serta pembuatan proposal dan berbagai bentuk rapat rapat dalam kepengurusan OSIS.  (Yun.S)

Komentar