50 Peserta Ikuti JOTA dan JOTI 2023 Kwarcab Agam Dengan Antusias

Banuhampu, Pusinfokwarcab 

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Agam diwakili Sekretaris Kwarcab Khairul Koto membuka secara resmi  pelaksanaan kegiatan Jambore On The Air (Jota) dan Jambore On The Internet (Joti) Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Agam yang dipusatkan di Gudep Pangkalan SMPN 1 Banuhampu Kwarran Banuhampu, Jum'at (20/10).

Turut hadir dalam acara pembukaan Sekretaris Bidang Humas, Teknologi Informatika, Kemitraan dan Kerjasama Kwarcab Agam Mursyidi, Sekretaris DKC Febri Eka Saputra dan Ketua Bidang Kegiatan DKC Andre Tri Yunda.


Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Agam Khairul Koto menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan berskala nasional bahkan internasional yang juga dikembangkan di tingkat provinsi, kabupaten dan kota, ranting serta gugus depan.

"Selama berkegiatan peserta dipandu oleh Tim Orari Lokal Agam - Bukittinggi, Dewan Kerja Cabang (DKC) dan jajaran sekolah," katanya.


Dari momen yang diikuti peserta memahami dengan baik penggunaan sarana dan prasarana pendukung untuk berkomunikasi dengan anggota pramuka di seluruh dunia.

Hanya saja, peserta yang masih dalam sebatas pemula dilibatkan berinteraksi dengan anggota pramuka di tingkat kabupaten/kota dan provinsi saja.
Sedangkan pada penggunaan fasilitas internet hal ini bisa dilakukan untuk bersilaturahmi dengan anggota pramuka di tingkat dunia.
Tentunya saat berinteraksi, diminta peserta berlaku sopan santun dan menggunakan bahasa yang baik.

"Semoga kegiatan yang diikuti selama tiga hari, yaitu dibuka pada tanggal 20 hingga 22 Oktober 2023 yang dipusatkan di Gudep 05-055 dan Gudep 05-056 SMPN 1 Banuhampu Kabupaten Agam," katanya.

Implementasi program ini dilaksanakan berdasarkan surat Kwarnas Nomor: 0922-O0-N tanggal 21 September 2023, surat Kwarda 03 Sumbar Nomor: 439-03-A tanggal 10 Oktober 2023 dan Nomor : 462-03-A tanggal 12 Oktober
2023 perihal Pelaksanaan Kegiatan JOTA Nasional ke -86 dan JOTI Nasional ke-44, disampaikan kepada kakak bahwa Jambore On The Air (JOTA) dan Jambore On The Internet (JOTI) Nasional.


Adapun Stasiun Induk Kwarda 03 Sumatera Barat adalah "YH5AAJ dengan frekwensi :- Pesawat Band 2 M :145.320 Mhz 70.80 Mhz Pesawat All Band.
Terkait dengan hal tersebut, 

Kepala SMPN 1 Banuhampu Selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan Zulfamiarti berharap peserta yang mencapai sebanyak 50 orang dari sekolah yang berbeda dapat mengikuti dengan baik dan penuh kesungguhan, sehingga memahami dengan baik materi yang disampaikan Tim Orari Agam Bukittinggi yang intensif selama tiga hari ke depan.


"Meski kegiatan ini merupakan hal yang baru, setidaknya dapat diwujudkan secara bertahap bagi peserta dan menjadi pengalaman berharga untuk kesuksesan program yang diikuti di masa mendatang," katanya.

Diharapkan momen ini langkah awal untuk berkembang lebih baik dalam peningkatan kualitas kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan menjadi lebih baik dan sukses. (Ms)

Komentar